Catatan, Uncategorized

Come Back!

Assalamuallaikum, bagaimana kabarnya semua? Saya harap tetap dalam keadaan sehat dan hebat, mungkin artikel ini mengawali “Come Back” saya dalam menulis. Sempat tertunda beberapa bulan karena persoalan “Ujian Nasional”, akhirnya pada awal bulan Mei ini saya kembali diijinkan untuk menekan tombol “On” pada blog ini (apalah ini?).

2 Mei, peringatan tentang hari pendidikan se-Indonesia patutlah kita jadikan sebagai momentum. Momentum untuk bisa mengangkat kapabilitas sistem pendidikan yang seakan semrawut saat ini. Mulai dari persoalan tentang pergantian kurikulum sampai pro & kontranya Ujian Nasional. Ya, mungkin jika dilihat dari sudut pandang, sah-sah saja jika pergulatan itu terjadi.

Melihat embel-emel “Demokrasi” yang sudah kita sematkan pada negara ini, sebelumnya maaf jika tulisan ini kurang berarti. Karena ini hanyalah sebuah argumen dari seorang pelajar “awam” yang ingin melihat perubahan terhadap pendidikan saat ini. Kalau mengenai “Ujian Nasional” yang bisa diibaratkan sebagai sebuah “standar” untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Ini juga masih diperbincangkan, beberapa orang setuju dengan program ini tapi beberapa orang juga dengan lantang ingin menghapuskan program ini. Terlalu bodoh bila saya menginginkan UN dihapuskan, karena saya adalah korban yang sudah terlanjur 3 kali mengikuti program ini. Mungkin doa dan rasa was-was yang seharusnya saya nanti pada bulan ini.

Kalau menyenggol tentang kurikulum, saya kira semua guru pasti terbebani. Kenapa harus diganti, dan kenapa kemendiknas melakukan hal tersebut? Itu yang menjadi pertanyaan saya sampai saat ini, dan apakah dengan digantinya kurikulum bisa memajukan kualitas pendidikan bangsa ini?

Ah sudahlah, biar mereka yang bertanggung jawab atas semua ini. Kami disini hanya bisa berharap dan berdoa agar ke depannya pendidikan Indonesia semakin berkembang, dan saya harap tak ada lagi campur tangan pemerintah di dalam wacana tentang “pendidikan”. Cukup sekolah saja yang melaksanakan dan bertanggung jawab!

Sekian dan terima kasih, selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2014.🙂

 

Standar

3 thoughts on “Come Back!

  1. Gue gak masalahin mau un di hapus atau enggak sebenernya. Lagian mau dihapus jg gue udah gak ada un2an lagi hahaha. Gue cuma pengen sistem pendidikannya diubah, biar bukan belajar buat cari nilai tp biar dapet ilmunya

Komentar Anda Sangat Berharga Untuk Saya..

