Catatan, Uncategorized

Terapkan Konsep Terlebih Dahulu

Di dalam pembuatan sebuah rumah, tentunya dibutuhkan sebuah rancangan. Dan sebelum rancangan itu dibuat, diperlukan sebuah sketsa yang disesuaikan dengan kehendak si calon pemilik rumah tersebut. Mungkin sketsa bisa kita ibaratkan sebagai “konsep”, konsep dalam pembuatan sebuah artikel yang nantinya akan dicicipi oleh para pengunjung yang datang.

Lalu, Perlukah konsep ikut serta dalam proses pembuatan sebuah artikel?

Saya kira sangat diperlukan sekali, karena konsep juga sangat berpengaruh terhadap hasil yang didapat. Oleh karena itu, lebih baik buatlah sebuah konsep terlebih dahulu daripada menyesal terhadap hasil akhirnya. Kalau bicara tentang konsep itu sendiri, yang bisa menentukan hanya diri anda sendiri. Dan saya sarankan, buatlah sesuai dengan pemikiran yang anda punya.

Tidak harus panjang kali lebar, intinya sederhana namun pas di hati pembaca setia anda. Selain itu ada sebuah hal yang harus anda perhatikan, yaitu tentang ejaan dan juga kata yang anda selipkan disetiap paragraf-nya. Jika anda bisa menyesuaikan dengan EYD yang ada, mungkin akan mudah dipahami oleh pembaca blog anda.

Jadi saya tekankan lagi kepada anda, lebih baik mulai tekankan dan terapkan konsep terlebih dahulu untuk sebuah posting yang akan anda terbitkan. Konsepnya jangan terlalu berat-berat, nanti kalau terlalu berat mungkin rasa stress yang akan anda dapatkan. Lebih baik buat konsep yang ringan dan juga cukup masuk akal.

Oke, mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan di malam hari ini. Sekian dan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya.

Salam dari, SPECIAL NOTES

Info Ingus: Tulisan ini dibuat pada tgl, 28 Januari 2012. Dan selesai posting pada pukul, 21.30.

Standar

3 thoughts on “Terapkan Konsep Terlebih Dahulu

  1. Apapun kalau direncanakan, maka hasilnya lebih maksimal … Tapi untuk tulisan, biasanya semakin direncanakan, makin sulit melanjutkan hehehe (itu sih saya aja)😀

    P.S. Izin tempel link-nya yaa😀


    Benar sekali mas, kadang saya juga mengalami kejadian seperti itu.
    Padahal sudah punya rencana ingin membuat tentang ini, tapi pas di tengah-tengah otak ini sudah tidak bisa diajak berkonsentrasi semaksimal mungkin. Dan hasilnya, ya kurang memuaskan.😦

  2. Saya rasa semua narablog pasti mempunyai konsep sebelum menulis sebuah artikel bro. Justru yang menjadi tantangan adalah cara menjabarkan konsep tersebut ke dalam bentuk nyata…. sebuah tulisan yang layak dibaca dan bisa dimengerti pengunjung blog. Ini yang sampai saat ini susah untuk dilakukan (buat saya).


    Pasti kalau soal itu. Menjabarkan sebuah konsep, memang sebuah persoalan yang tidak mudah. Kadang saya juga begitu, sudah punya sebuah konsep yang pas tapi bingung bagaimana untuk memulainya. Maka dari itu, sangat perlu ditekankan sebuah persiapan yang pas dan mantap.🙂

  3. setuju.. biasanya saya juga mikir konsepnya dulu, sering bingung soalnya kalau ide malah bertabrakan satu sama lain, artikel jadi ngalor ngidul.. hehe

Komentar Anda Sangat Berharga Untuk Saya..

